Istilah-Istilah Dalam Bahasa Indonesia

 

analisis kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah bahasa guna meneliti struktur bahasa tersebut secara mendalam. 

anekdot jenis teks yang berisi peristiwaperistiwa lucu, konyol, atau menjengkelkan sebagai akibat dari krisis yang ditanggapi dengan reaksi. anekdot mempunyai struktur teks: abstraksi^orientasi^krisis^reaksi^koda.

antologi: kumpulan karya tulis pilihan dari seorang atau beberapa orang pengarang.

antik sesuatu yang kuno namun tetap bernilai sebagai hasil karya seni atau benda budaya 

anonim tanpa nama atau tidak beridentitas 

antonim suatu kata yang artinya berlawanan satu sama lain. antonim disebut juga dengan lawan kata. contoh : cantik x jelek. 

argumentasi alasan yang dipakai untuk mempertahankan suatu pendapat. 

autobiografi riwayat hidup seseorang, biasanya tokoh terkenal atau orang yang memiliki prestasi istimewa yang ditulis oleh orang itu sendiri. 

biografi riwayat hidup seseorang, biasanya tokoh yang terkenal atau orang yang memiliki prestasi istimewa yang ditulis oleh orang lain. 

cerita melayu klasik sastra lama yang lahir pada masyarakat lama atau tradisional yakni suatu masyarakat yang masih sederhana dan terikat oleh adat istiadat.

cerpen karangan prosa pendek tentang suatu kejadian yang dialami tokoh, dengan menonjolkan watak pelaku. 

debat proses tukar pendapat untuk mempertahankan pendapat masingmasing dengan disertai alasan yang jelas dan logis. 

deduksi penarikan kesimpulan dari keadaan yang umum. 

definisi rumusan tentang ruang lingkup dan ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembicaraan atau studi. 

denotatif makna sebenarnya dari sebuah kata. 

deskripsi pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. 

diksi pilihan kata yang tepat untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu sebagaimana diharapkan

dongeng cerita hayalan atau tidak pernah terjadi. contoh cerita tentang peri.



eksposisi jenis teks yang berfungsi untuk mengungkapkan gagasan atau mengusulkan sesuatu berdasarkan argumentasi yang kuat. struktur teksnya adalah pernyataan pendapat (tesis)^argumentasi^penegasan ulang pendapat. 

eksploitasi pemanfaatan untuk keuntungan sendiri; pengisapan; pemerasan (tentang tenaga orang.

ekspresi pengungkapan atau proses menyatakan, bisa berupa penampakan  air muka dan bahasa tubuh yang mengungkapkan perasaan seseorang. 

esensi hal yang pokok, hakikat. 

fakta hal, peristiwa, keadaan, atau sesuatu yang merupakan kenyataan yang benar-benar ada atau terjadi. fakta menunjukkan suatu kebenaran informasi, artinya hal atau peristiwa tersebut terbukti benar-benar ada. 

frase idiomatik disebut juga kata kiasan. contoh (1) buah bibir = menjadi pembicaraan orang banyak, (2) buah tangan = oleh-oleh. 

gagasan penjelas gagasan yang fungsinya menjelaskan gagasan utama. kalimat yang mengandung gagasan penjelas disebut kalimat penjelas.ciri gagasan penjelas, kalimat-kalimat yang terdapat dalam suatu paragraph berisi penjelasan dari topik utama yang dibahas di paragraf gagasan utama. 

gagasan utama/pokok gagasan utama atau gagasan pokok adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. keberadaan gagasan utama tersebut dapat dinyatakan secara eksplisit atau implisit. gagasan utama yang eksplisit dijumpai dalam jenis paragraf deduktif, induktif, atau paragraf campuran. dalam jenis paragraf ini, gagasan utama diwakilkan pada sebuah kalimat utama yang letaknya bisa di awal, di akhir, atau di awal dan di akhir paragraf. sementara itu gagasan utama yang implisit umumnya dijumpai dalam paragraf deskriptif dan naratif. dalam jenis paragraf ini, gagasan utama tersebut pada seluruh kalimat dalam paragraf itu. ciri gagasan utama, kalimatkalimat yang terdapat dalam suatu paragraf hanya terfokus pada isi dari topik paragraf. kalimat utamanya pun tersebar pun mendominasi paragraf. 

hikayat karya sastra lama melayu berbentuk prosa yang berisi cerita, undangundang, dan silsilah bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografis, atau gabungan sifat-sifat itu, dibaca untuk pelipur lara, pembangkit semangat juang, atau sekadar untuk meramaikan pesta, misalnya -- hang tuah; -- perang palembang; -- seribu satu malam; 

humor keadaan yang menggelikan hati; lucu

induksi penarikan kesimpulan berdasarkan keadaan yang khusus untuk diperlakukan secara umum. 

iklim keadaan hawa (suhu, kelembapan, awan, hujan dan sinar matahari) pada suatu daerah dalam jangka waktu yang agak lama.

intonasi naik turunnya kalimat atau nada.

isolasi pemisahan suatu hal dari hal lain atau usaha untuk memencilkan manusia dari manusia lain. 

istanasentris menceritakan tentang kehidupan yang ada pada istana. 

kata arkais kata yang tidak lazim dipakai lagi. 

kata ganti (pronomina): kata yang digunakan untuk menggantikan benda dan menamai seseorang atau sesuatu secara tidak langsung, misalnya dia, ia, saya, mereka, kamu. 

kata kerja (verba) kata yang menunjukkan aksi, peristiwa, atau keadaan, misalnya membaca, berjalan, dikeluarkan. 

kalimat tunggal kalimat yang terdiri dari satu klausa. salah satu ciri utamanya adalah fungsi-fungsi kalimat (s, p, o, k, pel) dalam kalimat tersebut hanya satu. 

kalimat majemuk kalimat yang terdiri dari lebih satu klausa. di antara ciri utamnyanya adalah adanya lebih dari satu fungsi kalimat yang sama dan penggunaan konjungsi.

kalimat majemuk bertingkat kalimat yangterdiri dari lebih satu klausa yang tidak sama yang dihubungkan dengan konjungsi subordinatif. 

kalimat majemuk setara kalimat yang terdiri dari lebih satu klausa yang sama yang dihubungkan dengan konjungsi koordinatif dan korelatif. 

kata sambung (konjungsi) kata yang digunakan untuk merangkaikan dua konstruksi bahasa yang sama ( kata, frasa, klausa, atau kalimat) lebih, misalnya dan, tetapi, setelah, sebelum, apabila, dan karena. 

kata sifat (adjektiva) kata yang digunakan untuk menerangkan kualitas sesuatu, seperti ciri, wujud, warna, atau ukuran, misalnya bagus, jauh, kecil, pandai.

karnivora hewan pemakan daging. ciri-ciri hewan karnivora : apabila mamalia : berkaki empat, gigi tajam, hidup di darat, ovipar (beranak). contohnya singa, harimau, macan. 

kritikan kecaman atau tanggapan, kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya 

kalimat perintah merupakan kalimat yang mengandung makna memerintah atau meminta seseorang untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penutur atau penulisnya. contohnya, “tolong ambilkan sapu!” 

kalimat persuasif rangkaian kata yang digunakan untuk membujuk secara halus. 

kalimat retoris kalimat tanya yang tidak memerlukan jawaban atau tanggapan langsung. kalimat tanya retoris biasanya digunakan dalam pidato, khutbah, atau orasi. 

kalimat seru kalimat yang isinya mengungkapkan kekaguman perasaan. karena rasa kagum berhubungan dengan sifat, maka kalimat seru dibentuk dari kalimat statif. kalimat seru disebut juga kalima interjektif

koda bagian terakhir sebuah komposisi 

klausa satuan gramatikal yang berupa kelompok kata, sekurang-kurangnya terdiri atas subjek dan predikat dan berpotensi menjadi kalimat. 

konjungsi kata untuk menghubungkan kata-kata, ungkapan-ungkapan, atau kalimat-kalimat dan sebagainya, dan tidak untuk tujuan atau maksud lain. 

kosakata perbendaharaan kata 

laporan jenis teks yang berisi penjabaran umum mengenai sesuatu yang didasarkan pada hasil observasi. teks laporan juga sering disebut teks klasifikasi. teks ini mengutamakan hubungan antara kelas dan subsubkelas atau anggota-anggota kelas yang ada. struktur teksnya adalah pernyataan umum/ klasifikasi^anggota/ aspek yang dilaporkan. 

makna maksud seorang penulis dalam menyampaikan isi suatu tulisan kepada pembaca. 

mosi hal yang diperdebatkan. 

negosiasi proses tawar-menawar melalui perundingan untuk mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dengan pihak yang lain. 

novel karangan prosa yg panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dng orang di sekelilingnya dng menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku, teks yang mengandung unsur negosiasi disebut teks negosiasi. struktur teksnya adalah pembukaan^isi^penutup.

opini hasil anggapan, pemikiran, atau perkiraan orang, baik secara individu maupun kelompok. namun, opini bukan sesuatu yang mangada-ada atau khayal. sumber opini adalah fakta, hasil pemikiran itu sangat dipengaruhi unsur pribadi yang sangat subjektif. oleh karena itu kebenaran opini sangat relatif. 

puisi puisi adalah salah satu karya sastra yang mengutamakan kata-kata sebagai pembangun imajinasi. bahasa di dalam puisi terikat oleh rima dan irama serta penyusunannya berdasarkan bait dan larik 

rekomendasi memberitahukan kepada seseorang atau lebih bahwa sesuatu yang dapat dipercaya, dapat juga merekomendasikan diartikan sebagai menyarankan, mengajak untuk bergabung, menganjurkan suatu bentuk perintah

rekonsiliasi perbuatan memulihkan hubungan persahabatan pada keadaan semula; perbuatan menyelesaikan perbedaan 

resensi ulasan tentang buku, umumnya berisi pertimbangan dan pembicaraan tentang buku. 

resume ikhtisar atau ringkasan. 

ringkasan penyajian karangan atau peristiwa yang panjang dalam bentuk yang singkat dan efektif dengan tetap mempertahankan sudut pandang, komposisi pengarang aslinya.

sinonim suatu kata yang memiliki bentuk yang berbeda namun memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip. sinomin bisa disebut juga dengan persamaan kata atau padanan kata. contoh : bohong = dusta. 

suasana keadaan sekitar atau lingkungan. perasaan bahagia, sedih, dan kecewa merupaan suasana yang terdapat dalam puisi yang dapat dirasakan oleh penulis atau pembaca. 

tema jiwa dari sebuah tulisan atau dengan pengertian lain pokok pikiran, dasar cerita dalam sebuah tulisan.

tim afirmasi kelompok atau pihak yang setuju dengan sebuah mosi.

tim oposisi kelompok atau pihak yang tidak setuju dengan sebuah mosi. 

teks satuan lingual yang dimediakan secara tulis atau lisan dengan tata organisasi tertentu untuk mengungkapkan makna secara kontekstual. 

tesis pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen yg dikemukakan dl karangan; untuk mendapatkan gelar kesarjanaan pd perguruan tinggi. tesis juga dapat berarti sebuah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa. tesis merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam penelitian dan pengembangan ilmu pada salah satu bidang keilmuan dalam ilmu pendidikan. 

tokoh seseorang yang terkenal dalam bidang tertentu 

vokal hal-hal yang berhubungan dengan suara, bisa pula berarti berani mengemukakan pendapat.


Sumber: 
Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/ MA/ SMK. Jakarta: Yrama Widya. 

Istilah-Istilah Dalam Bahasa Indonesia 4.5 5 Coki Siadari analisis kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah bahasa guna meneliti struktur bahasa tersebut secara mendalam.  anekdot jenis teks ...


No comments:

Post a Comment

J-Theme